Bukti Konkret SCR Mengembangkan UKM Tradisional

Selain dari orang yang berkompeten dari internal perusahaan, banyak pula terapan ilmu pemasaran yang dibagikan kepada para mitra anggota SRC termasuk sharing session bersama pakar ternama di bidang pemasaran. Dukungan yang kami berikan dapat menumbuhkan kesadaran dan semangat para peritel tradisional untuk terus mengembangkan bisnis yang mereka miliki. Sementara pakar pemasaran Yuswohady menegaskan, saat ini merupakan momentum yang sangat tepat untuk memperkuat sinergi antara pemerintah dan dunia usaha dalam mengembangkan UKM di Indonesia. Pasalnya, sektor ini masih memiliki potensi yang luar biasa untuk berkembang. Henny Susanto selaku Head of Commercial Business Development Sampoerna mengatakan, SRC merupakan program pembinaan Sampoerna terhadap peritel tradisional melalui edukasi penataan toko, strategi pemasaran dan manajemen keuangan.

Hal ini diamini oleh Danang Girindrawardana selaku Direktur Eksekutif Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo). Menurutnya, sinergi dan kolaborasi sangatlah penting di tengah tantangan ekonomi yang makin kompetitif. Dunia usaha memiliki kemampuan dan jejaring untuk membantu pengembangan sektor UKM agar lebih berdaya saing. Untuk merealisasikannya, pendampingan dan pengembangan kapabilitas jangka panjang menjadi kunci utamamya. Tentu tidak hanya dalam bentuk pelatihan dari hulu ke hilir, namun juga perlu ditindaklanjuti dengan membuka pasar untuk mereka. Pemberdayaan yang berkelanjutan SRC dalam bentuk pengembangan kapabilitas dapat dilakukan melalui pendampingan berkelanjutan dan pemberian akses terhadap sumber daya produktif. Dengan demikian, mereka menjadi mampu untuk memanfaatkan kesempatan yang terbuka dengan potensi yang tersedia.

Ketut Suarjana yang merupakan salah seorang mitra SRC asal Bali pun menuturkan pengalamannya selama bergabung dengan SRC. Berkat SRC, usaha saya menjadi berkembang dan mandiri. Kini saya sudah bisa menggerakkan komunitas sekitar untuk memajukan wirausaha mereka, berkembang dan maju bersama-sama. Saya berharap kerja sama ini akan terus terjalin dengan baik, dan ke depannya akan lebih banyak peluang yang bisa diraih bersama SRC,ā€¯ungkap pemuda Bali yang kini memiliki 40 toko kelontong seperti mini market tersebar di Pulau Dewata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *